Beranda / Artikel / AKTIFKAN DNA INVESTOR DI DIRI ANDA!
AKTIFKAN DNA INVESTOR DI DIRI ANDA!

Percayakah anda bahwa setiap orang memiliki DNA Investor? Masa sih? Buktinya mengapa masih sedikit sekali orang perorang yang berinvestasi di Reksa Dana di Indonesia, hanya + 300 ribu orang saja dari 200 juta lebih penduduk Indonesia. DNA Investor? Anda mungkin akan berkata omong kosong! Tunggu dulu! Sebelum anda mengambil sikap apriori tersebut, baca terus artikel ini.

Dari sejak Tuhan menciptakan manusia, sudah dirancang dan dibentuk bahwa akan ada ‘DNA Investor’ di dalam diri kita saat kita lahir di dunia ini. ‘DNA Investor’ ini menjadikan setiap diri kita memiliki Fitur Investor dimana jika tidak diaktifkan, maka kita tidak akan memiliki investment mindset (pola berpikir investasi yang benar). Masalahnya sekarang apakah kita mau mengaktifkan DNA atau Fitur Investor itu atau tidak.

Seperti handphone kita yang memiliki banyak sekali fitur-fitur yang bermanfaat, namun mungkin kita tidak menggunakan/mengaktifkan seluruh fitur-fitur yang ada; maka bisa saja kita juga belum mengaktifkan ‘Fitur Investor’ pada diri kita. Lantas, hal apakah yang menghalangi seseorang untuk mengaktifkan fitur investor dalam dirinya? Pada umumnya, ada 2 kelompok orang yang belum mengaktifkan fitur investor ini. Kelompok pertama adalah kelompok dimana “Tahu caranya tapi tidak mau menggunakan”. Sedangkan kelompok kedua, “Mereka mau tetapi tidak tahu caranya”.

Untuk kelompok pertama, “Tahu caranya tapi tidak mau menggunakan” biasanya dikarenakan salah satu dari 2 penyebab utama. Penyebab utama pertama adalah karena tidak ingin menghadapi risiko investasi dan inginnya segala sesuatu memiliki kepastian termasuk tingkat imbal hasil (return) yang pasti tanpa risiko. Biasanya hal ini yang mengakibatkan orang dalam kelompok ini hanya menempatkan dananya pada tabungan maupun deposito. Penyebab utama yang kedua adalah mengalami snake bites (‘gigitan ular’ atau kapok) dalam berinvestasi karena pernah mengalami kerugian besar. Karena pengalaman kerugian tersebut mungkin saja “Fitur Investor’ dalam dirinya langsung di non-aktifkan.

Untuk kelompok kedua, “Mereka mau tetapi tidak tahu caranya” biasanya dikarenakan belum mempelajari pengetahuan mengenai seluk beluk investasi dan risikonya serta bagaimana mengaplikasikan pengetahuan tersebut.Dengan demikian, menyebabkan mereka yang masuk di dalam kelompok ini menjadi tidak yakin dan tidak percaya diri untuk memulai berinvestasi terutama berinvestasi pada instrumen-instrumen pasar modal.

Termasuk kelompok manakah ANDA? Atau sudahkah ANDA mengaktifkan Fitur Investor ANDA? Jika ANDA belum mengaktifkannya, aktifkanlah SEGERA! Caranya? Mulailah dengan memahami salah satu instrument investasi, yaitu Reksa Dana; dan mulailah berinvestasi di salah satu atau lebih produk reksa dana PT BNI Assset Management.

Saat ini sangat banyak perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan investasi, satu diantaranya adalah PT BNI Asset Management. Produk investasi yang ditawarkan PT BNI Asset Management sangat beragam antara lain produk-produk reksa dana yang menawarkan solusi tepat baik bagi investor investor yang masih awam maupun yang terbiasa akan investasi. Variasi yang ditawarkan di dalam reksa dana adalah reksa dana pendapatan tetap, campuran dan saham, konvensional maupun yang bersifat syariah. Dengan investasi awal yang terjangkau, ANDA dapat mulai dengan investasi Rp 100 ribu saja, dan kemudian dapat berinvestasi secara berkala maupun non berkala.

Masing-masing reksa dana menawarkan potensi imbal hasil sesuai dengan profil dan karakteristik produk tersebut. Semakin tinggi potensi imbal hasil semakin tinggi potensi risikonya begitu juga sebaliknya. Kunci dari investasi adalah bagaimana kita memilih reksa dana yang sesuai dengan profil risiko, tujuan investasi dan jangka waktu investasi.

Bagi investor dengan bentang waktu berinvestasi yang lebih panjang, dapat memilih reksa dana campuran atau reksa dana saham dengan mempertimbangkan profil risiko masing-masing investor. Bagi investor yang ingin menikmati potensi pertumbuhan saham, dan pada saat yang sama ingin meredam risiko penurunannya di tengah pasar yang fluktuatif, investor dapat memilih reksa dana campuran yang alokasi investasi pada efek saham dan obligasinya akan disesuaikan oleh Manajer Investasi sesuai dengan kondisi pasar. Sementara bagi yang ingin menikmati pertumbuhan investasinya secara optimal dalam jangka panjang, maka reksa dana saham adalah pilihan yang paling tepat.

Saat ini PT BNI Asset Management mempunyai berbagai macam varian produk reksa dana. Dua produk unggulan adalah Reksa Dana BNI-AM Dana Terencana dan Reksa Dana BNI-AM Inspiring Equity Fund , yang mana masing-masing produk ini mempunyai keunikan dan keunggulan tersendiri. BNI-AM Dana Terencana adalah salah satu produk reksa dana berjenis campuran; dan bagi investor yang berinvestasi secara berkala pada reksa dana ini akan mendapatkan Asuransi Jiwa secara GRATIS. Tingkat imbal hasil dari BNI-AM Dana Terencana mencapai YTD 11.39% per 21 Agustus 2014. Sedangkan Reksa Dana BNI-AM Inspiring Equity Fund pun tidak kalah bersaing. Reksa dana yang berjenis reksa dana saham ini sejak diluncurkan pada 07 April 2014 memberikan tingkat imbal hasil 8.28% per tanggal 21 Agustus 2014

2014-11-07