Beranda / Panduan / Tata Cara Pembukaan Akun Reksa Dana
Tata Cara Pembukaan Akun Reksa Dana

Tata Cara Pembukaan Akun
Calon pemodal harus sudah membaca dan memahami isi Prospektus beserta ketentuan-ketentuan yang ada di dalamnya.
Setiap Pemodal yang ingin membeli Unit Penyertaan Reksa Dana yang di kelola oleh PT. BNI ASSET MANAGEMENT diharuskan mengisi Kuesinoner Profil Pemodal, Formulir Pembukaan, dengan melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk WNI atau Paspor untuk WNA. Khusus investor institusional melampirkan Akta Pendirian, Berita Negara, SIUP, TDP, Surat Keterangan Domisili, NPWP, dan KTP/Paspor pejabat yang berwenang untuk melakukan transaksi dengan Reksa Dana yang dikelola oleh PT. BNI ASSET MANAGEMENT, Laporan Keuangan 3 (tiga) tahun terakhir kegiatan usaha.

Pembelian
Setiap pembelian Unit Penyertaan harus disertai pula copy bukti pembayaran ke rekening Reksa Dana. Pemesanan baru dianggap efektif apabila formulir yang telah diisi lengkap, data pendukung lain, serta dana sudah efektif di rekening reksa dana (in good fund basis) Pembayaran dapat dilakukan dengan cek atau giro dan baru dianggap sah, apabila cek atau giro sudah dapat dicairkan.
Pembayaran dengan uang tunai dapat dilakukan dengan menyetor/mentransfer ke nomor rekening atas nama Reksa Dana yang bersangkutan. Semua biaya-biaya bank yang timbul sehubungan dengan pemesanan unit penyertaan, seperti biaya transfer, biaya kliring, dan lain-lain adalah menjadi tanggungan pemodal. Unit Penyertaan yang dibeli akan dikalkulasi setelah dipotong biaya-biaya tersebut di atas.Biaya pemesanan Unit Penyertaan telah ditetapkan dalam KIK.

Penjualan
Penjualan kembali Unit Penyertaan masing-masing Reksa Dana dapat dilakukan dalam satuan Unit Penyertaan maupun dalam satuan Rupiah. Minimum penjualan kembali setiap kali adalah equivalen dengan Rp. 500.000. Dengan mempertimbangkan faktor keamanan, maka penjualan kembali hanya akan ditransfer ke rekening bank pemodal secara langsung setelah formulir penjualan asli diterima oleh Bank Kustodian. Dalam hal semua persyaratan penjualan kembali telah lengkap dan benar, pembayaran dapat dilakukan paling lambat T+7 (tujuh hari bursa). Manajer Investasi dan Bank Kustodian berhak menunda pembayaran, apabila dokumentasi penjualan kembali belum lengkap atau ada kesalahan yang terjadi. Semua biaya-biaya bank yang timbul sehubungan dengan penjualan kembali unit penyertaan, seperti biaya transfer, biaya kliring, dan lain-lain adalah menjadi tanggungan pemodal. Unit Penyertaan yang dijual akan dikalkulasi setelah dipotong biaya-biaya tersebut di atas. Biaya penjualan kembali Unit Penyertaan telah ditetapkan dalam KIK.

Pengalihan
Pengalihan antar Unit Penyertaan Reksa Dana yang di kelola PT. BNI ASSET MANAGEMENT dapat dilakukan melalui satuan Unit Penyertaan maupun satuan Rupiah, dengan minimum Rp. 500.000,- (lima ratus ribu Rupiah) atau equivalen, setiap kali pengalihan. Pengalihan hanya dapat dilakukan 1 (satu) dalam 7 (tujuh) hari kerja. Pengalihan dari sebagian atau seluruh Unit Penyertaan ke Unit Penyertaan lainnya akan ditentukan dari nilai hasil Penjualan Kembali.Semua biaya-biaya bank yang timbul sehubungan dengan pengalihan unit penyertaan menjadi tanggungan pemodal. Biaya pengalihan Unit Penyertaan telah ditetapkan dalam KIK.

Penjatahan Penjualan Kembali/Pengalihan Manajer Investasi berhak untuk melakukan penjatahan atas Penjualan Kembali dan/atau Pengalihan para Pemodal apabila total Penjualan Kembali dan/atau Pengalihan pada satu hari bursa melebihi 20% dari total NAB reksa dana yang bersangkutan. Kelebihan Penjualan Kembali dan/atau Pengalihan akan dialokasikan pada hari bursa berikutnya dengan sistem “first come first serve”.

Batas waktu transaksi
Penentuan Nilai Aktiva Bersih (NAB) untuk setiap transaksi pada BNI Reksa Dana dibatasi seperti yang terlihat dalam tabel di bawah ini:

 

Hari Bursa

Hari Bursa I

Hari Bursa II

Hari Bursa III

 

Aplikasi lengkap diterima SEBELUM jam 13.00 BBWI NAB diketahui

NAB

NAB

 

Aplikasi lengkap diterima SETELAH jam 13.00 BBWI NAB diketahui

 

NAB

NAB

BACK