Beranda / Artikel / Detik.com - Jokowi Ajak Pengusaha Investasi di Sektor Pertanian Hingga Infrastruktur
Detik.com - Jokowi Ajak Pengusaha Investasi di Sektor Pertanian Hingga Infrastruktur
2016-07-16

  

Surabaya - Presiden Jokowi mengajak pengusaha di Jawa Timur untuk memanfaatkan tax amnesty. Dana yang tersimpan di luar negeri, bisa ditarik ke Indonesia dan diinvestasikan di berbagai bidang seperti industri gula, kedelai, jagung, infrastruktur sampai di perbankan.

Dalam acara sosialisasi program amnesti pajak di Grand City Convention Center Surabaya, Jumat (15/7/2016) malam, Presiden Jokowi menyampaikan, kita semua hidup di Indonesia, bertempat tinggal di Indonesia, mencari rezeki di Indonesia.

"Bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun ada uang yang diendap, disimpan di luar. Yang menikmati siapa, yang negara itu. Padahal ini uang kita semua," kata Presiden Jokowi.

Jokowi meminta warga negara Indonesia yang menyimpan dananya di luar negeri, ditarik dan diinvestasikan di Indonesia. Jokowi mengatakan, para pengusaha tidak perlu takut terkena pajak, karena pemerintah sudah memberikan payung hukum berupa tax amnesty.

"Sekarang ini kita gencar di bidang infrastruktur, baik pembangkit listrik, pelabuhan, kawasan industri, yang masuk ke sini. Ini investasi langsung," ujarnya.

"Karena memang kita butuhkan dalam waktu 5 tahun, kita membutuhkan Rp 4.900 triliun. APBN hanya siapkan Rp 1500 triliun, artinya kekurangan dana dari swasta lagi," katanya.

"Inilah kesempatan yang kita inginkan agar yang masuk pengusaha nasional, pengusaha lokal. Ambil dulu kesempatan ini, bawa masuk, tanamkan investasi. Bisa di infrastruktur, industri garmen, industri makanan, industri perikanan," terangnya.

Jokowi mengatakan, dana dari pengusaha juga bisa diinvestasikan di industri gula. Menurutnya, konsumsi gula secara nasional sekitar 6 juta ton, tapi produksinya baru mencapai 2,6 juta. "Berarti ada kekurangan 3,4 juta ton," ujarnya.

Juga konsumsi jagung mencapai 7,3 juta ton, tapi impor sekarang ini mencapai 3,5 juta ton.

"Kekurangan-kekurangan ini bisa dimasuki. Jelas pasar ada, supaya tidak diisi jagung impor. Belum yang buah-buah. Kedelai, impor semua itu," paparnya.

"Peluang di negara kita masih banyak. Kenapa disimpan di luar. Disimpan disini nggak apa-apa, kenapa di luar," jelasnya.

Jokowi menambahkan, akan ada peningkatan likuiditas perbankan nasional. "sehingga saluran kredit banyak kepada masyarakat, baik untuk ekonomi kecil, menengah," tandasnya

 

 Sumber :  http://finance.detik.com/read/2016/07/16/003755/3254603/4/jokowi-ajak-pengusaha-investasi-di-sektor-pertanian-hingga-infrastruktur