BNI-AM resmi luncurkan produk ETF pertamanya

Rabu, 23 Mei 2018 | 12:11



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BNI Asset Management resmi meluncurkan produk Exchange Traded Fund (ETF) pertamanya di Bursa Efek Indonesia pada Rabu (23/5). Produk ini sendiri bertajuk Reksadana Indeks BNI-AM Nusantara ETF MSCI Indonesia Equity Index dengan kode XBNI.

ETF ini berinvestasi pada 29 saham emiten berkapitalisasi besar yang tercatat dalam indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI) Indonesia untuk periode November 2017 hingga Mei 2018. Komposisi portofolio investasi yang terdapat pada indeks tersebut berada di kisaran 80%--100%.

Sementara itu, minimum 0%--20% portofolio XBNI dialokasikan pada instrumen pasar uang dalam negeri yang memiliki tenor tidak lebih dari 1 tahun.

Direktur BNI-AM Putut Endro Andanawarih mengatakan, tujuan diluncurkannya XBNI adalah untuk memperkaya pilihan investasi pada indeks MSCI yang notabene saham-sahamnya banyak diperdagangkan oleh para investor global.

Dia pun menyebut XBNI hanya berinvestasi pada saham-saham yang memiliki kapitalisasi besar dan menengah. Pasalnya, produk ini juga menekankan faktor likuiditas saham yang tinggi sebagai penggerak kinerjanya. “Kami tidak memilih saham yang ada di MSCI Small Cap,” kata Putut kepada Kontan.co.id, Rabu (23/5).

Menurutnya, ETF XBNI cocok dimiliki oleh investor dari berbagai kalangan, baik ritel maupun institusi. “ETF ini bisa menjadi pilihan investasi menarik bagi investor pemula yang memiliki dana terbatas,” tambah dia.

Investor dapat membeli ETF XBNI di pasar primer melalui dealer partisipan yaitu PT Indo Premier Sekuritas minimal sebesar 1 unit kreasi atau 100.000 lembar unit penyertaan. Sedangkan di pasar sekunder, investor dapat membeli ETF ini minimal sebanyak 1 lot atau 100 lembar unit penyertaan melalui broker manapun yang ada di BEI.

Setiap unit penyertaan ETF ini ditawarkan dengan harga yang sama dengan Nilai Aktiva Bersih awal sebesar Rp 1.000. Angka ini berlaku pada tanggal penyerahan pertama kali yang ditetapkan oleh BNI-AM.

Selanjutnya, harga tiap unit penyertaan ETF XBNI ditetapkan berdasarkan harga pasar di BEI. Sebagai catatan, ETF XBNI merupakan produk ETF keempat yang dicatatkan di BEI sepanjang tahun 2018.


GRUP BNI