BNI Asset Management Luncurkan Reksa Dana Indeks BNI-AM Nusantara ETF MSCI Indonesia

Rabu, 23 Mei 2018 | 11:41



Ipotnews - PT BNI Asset Management (BNI-AM) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNI-AM Nusantara ETF MSCI Indonesia Equity Index (
) atau Reksa Dana yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui pasar primer dan pasar sekunder.

"Kami meluncurkan Reksa Dana Indeks BNI-AM Nusantara ETF MSCI Indonesia untuk menyediakan varian produk bagi investor yang berminat pada investasi yang liquid yang diperdagangkan di BEI," ujar Reita Farianti, Direktur Utama BNI-AM di Jakarta, Rabu (23/5).

Dijelaskan dalam 25 tahun terakhir Exchange Traded Fund (ETF) semakin populer sebagai sarana berinvestasi bagi investor institusi maupun perorangan. Reita mengungkapkan bahwa Reksa Dana Indeks Saham pertama di dunia adalah Vanguard 500 Index Fund yang diluncurkan di Amerika Serikat tahun 1976.

"Sedangkan ETF pertama di dunia adalah S&P Depository Receipt Trust Series 1 yang diluncurkan pada tahun 1993 di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, Reksa Dana ETF sudah diperdagangkan sejak tahun 2007," jelas dia.

Terkait ETF dengan indek acuan MSCI di Indonesia, lanjut Reita, baru BNI-AM yang menerbitkannya sehingga dia berharap ETF ini dapat jadi pilihan yang menarik di kategori reksa dana pasif.

Adapun indeks MSCI adalah indeks yang merepresentasikan kurang lebih 80% kapitalisasi pasar saham Indonesia dan memiliki free float yang tinggi. Kriteria tersebut ditetapkan oleh Morgan Stansley Capital International Limited ( MSCI ) yang merupakan suatu lembaga independen internasional penyedia jasa analisis investasi.

(Dadag)

link https://www.indopremier.com/ipotnews/newsDetail.php?jdl=BNI_Asset_Management_Luncurkan_Reksa_Dana_Indeks_BNI_AM_Nusantara_ETF_MSCI_Indonesia&news_id
GRUP BNI