Begini cara membeli ETF XBNI di pasar primer dan sekunder

Rabu, 23 Mei 2018 | 09:28



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BNI Asset Management meluncurkan Reksadana Indeks BNI-AM Nusantara ETF MSCI Indonesia Equity Index (XBNI) pada Rabu (23/5). Sebagaimana reksadana ETF pada umumnya, produk ini dapat dibeli oleh investor di pasar primer maupun pasar sekunder.

Direktur BNI-AM, Putut Endro Andanawarih mengatakan, bagi investor yang ingin membeli ETF XBNI di pasar primer, transaksi dapat dilakukan melalui dealer partisipan yaitu PT Indo Premier Sekuritas. “Tapi, investor 
harus punya dulu rekening efek di dealer partisipan dan menyiapkan dana investasinya,” katanya, hari ini (23/5).

Setelah investor memesan pembelian satuan kreasi ETF XBNI, dealer partisipan akan menginformasikannya kepada manajer investasi atau BNI-AM. Kemudian, BNI-AM akan mengirimkan instruksi penerimaan portofolio efek serahan ke bank kustodian, yakni Bank Central Asia.
Di tahap ini, BNI-AM akan menetapkan daftar portofolio efek serahan yang kemudian diberikan kepada dealer partisipan. Lalu, dealer partisipan akan membeli sekumpulan efek yang termasuk dalam portofolio efek serahan sekaligus membuat satuan kreasi ETF XBNI sebelum diberikan kepada investor.

Sementara di pasar sekunder, Putut mengatakan, transaksi pembelian ETF XBNI dapat melalui broker manapun yang terdapat di BEI. Langka pertama, investor membuat rekening efek dan menyerahkan dana kepada pihak broker.

Kemudian, broker akan melakukan transaksi pembelian di BEI berdasarkan mekanisme pasar. Atau dengan kata lain, keberhasilan transaksi tersebut bergantung pada faktor permintaan dan penawaran yang ada. Jika transaksi berhasil, broker akan meneruskan hasilnya kepada investor.

Sebagai informasi, investor dapat membeli ETF XBNI di pasar primer melalui dealer partisipan minimal sebesar 1 unit kreasi atau 100.000 lembar unit penyertaan. Sedangkan di pasar sekunder, investor dapat membeli ETF ini minimal sebanyak 1 lot atau 100  unit penyertaan melalui broker manapun yang ada di BEI.

Setiap unit penyertaan ETF ini ditawarkan dengan harga yang sama dengan nilai aktiva bersih (NAB) awal sebesar Rp 1.000. Angka ini berlaku pada tanggal penyerahan pertama kali yang ditetapkan oleh BNI-AM. Selanjutnya, harga tiap unit pernyertaan ETF XBNI ditetapkan berdasarkan harga pasar di BEI.
GRUP BNI