PUBLIKASI

Dapatkan informasi/berita terbaru tentang kami

BNI-AM Bidik Rp 1 Triliun dari Produk ETF ESG

Jumat, 10 Januari 2020 | 12:00

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BNI Asset Management (BNI-AM) menerbitkan reksa dana exchange traded fund (ETF) terbaru yaitu BNI-AM ETF MSCI Leaders Indonesia (XBES). Raksa dana ETF diharapkan dapat menghimpun dana kelolaan sebesar Rp 1 triliun. 

Direktur Utama BNl-AM, Reita Farianti, mengatakan produk reksa dana ini diluncurkan untuk memberikan pilihan investasi bagi investor yang mempertimbangkan aspek ESG (environment, social, dan governance). 

"Kami meluncurkan XBES untuk menyediakan varian produk bagi investor yang ingin mengoptimalkan kinerja investasi dengan portofolio investasi emiten berfundamental baik dan mempertimbangkan aspek ESG," kata Reita Kamis (9/1).

Oleh karena itu, lanjut Reita, produk ini berisikan saham perusahaan-perusahaan yang memiliki scoring ESG yang paling baik di masing-masing sektornya. Menurut Reita, penerbitan produk ini sejalan dengan kecenderungan investor yang mulai memperhatikan dampak investasi terhadap lingkungan dan sosial. 

Reita melihat faktor ESG kini menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan bagi banyak investor terutama institusi untuk menentukan arah investasinya. Di sisi lain, Reita mengakui perusahaan yang mampu menghasilkan imbal hasil yang tinggi dan sustainable dalam jangka panjang adalah perusahaan yang memiliki pengelolaan ESG yang baik.

Reita menjelaskan, produk ini merupakan reksa dana ETF kedua yang diterbitkan oleh BNI-AM. Sebelumnya pada 2018 lalu, perusahaam juga telah menerbitkan Reksa Dana BNI-AM Nusantara ETF MSCI Indonesia Equity Index (ticker : XBNI) dan berhasil menghimpun dana kelolaan hingga Rp1 triliun.

Reksa dana ETF ESG ini telah dicatatkan dan diperdagangkan di BEI mulai hari ini, Kamis (9/1). "ETF ini dapat dengan mudah dicari karena diperdagangkan melalui pasar primer dan pasar sekunder di BEI," tutup Reita.

 

GRUP PERUSAHAAN